Sunday, September 15, 2013

KUMPULAN RPP TEMATIK KELAS 1 SD BERKARAKTER 2013



Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Budi Pekerti 
Kelas/Semester    :  I / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                              :     Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2.  IPS                               :     Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                    :     Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya                                          terhadap kegiatan manusia.
4.  Matematika                  :     Mengenal bangun datar sederhana.
5.  Bahasa Indonesia         :
·         Mendengarkan  :  Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
·         Berbicara            :  Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi  secara lisan dengan gambar, percakapan  sederhana dan  dongeng.
·         Membaca             :   Memahami  teks pendek dengan membaca lancar  dan  membaca puisi anak.
·         Menulis               :   Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung  melalui dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan  : Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari.           

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
2. IPA :
·         Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia.
3.  PKN :
·         Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
4.  Matematika :
·         Mengenal segitiga, segi empat, dan lingkaran.
·         Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
5.  Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·          Menyebutkan isi    dongeng
Berbicara
·         Menceritakan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan  intonasi yang tepat.
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
6.Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.

I.    Tujuan Pembelajaran**  :
                        Siswa dapat  :
·         Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·         Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
·         Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·         Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
·         Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·         Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
·         Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·         Menjelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
·         Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·         Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·         Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·         Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan.
·         Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·         Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
·         Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·         Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·         Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·         Memperagakan tarian pendek secara kelompok.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Aturan yang berlaku di masyarakat
·         Menjaga kebersihan rumah.
·         Pengaruh musim pada kegiatan manusia.
·         Mengenal bangun datar.
·         Memerankan tokoh dongeng
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·         Percakapan.
·         Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan.
·         Membaca lancar
·         Menulis huruf tegak bersambung.
·         Unsur gerak tari.
·         Keragaman unsur gerak tari.

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar yang menunjukkan musim hujan dan musim kemarau.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengaruh musim bagi kehidupan manusia.
F Menjelaskan pengaruh musim pada kehidupan manusia.
F Memperhatikan model / gambar macam-macam pakaian yang biasa digunakan pada musim hujan dan musim kemarau.
F Menunjukkan jenis-jenis pakaian yang sesuai pada musim hujan dan musim kemarau.
F Melalui cerita dan pengalaman siswa menceritakan tentang salah satu  peraturan yang berlaku di rumahnya masing-masing.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan perasaannya ketika menjalankan peraturan tersebut.
F Menuliskan contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga.
F Mengamati model  yang termasuk bangun datar.
F Mengenalkan bangun datar segitiga dan bukan segitiga.
F Mengelompokkan model yang termasuk segi tiga dan bukan segitiga.
F Menjiplak bangun datar segitiga pada buku yang telah disediakan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak dongeng yang bertemakan sopan santun.
F Menyebutkan tokoh dalam dongeng.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.
F Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
F Menyebutkan bagian –bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
F Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
F Mengamati gambar –gambar yang termasuk bangun datar.
F Mengenalkan bangun datar segiempat dan bukan segi empat.
F Menunjukkan bangun datar segiempat dan bukan segiempat.
F Menjiplak bangun datar segiempat pada buku yang telah disediakan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F dikonsumsi pada musim hujan.
F Menceritakan rasa makanan tersebut bila dikonsumsi pada musim yang berbeda.
F Menuliskan contoh-contoh makanan yang baik dikonsumsi pada saat musim hujan.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali  tokoh dan jalan ceritanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan contoh-contoh makanan yang banyak
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
F Menceritakan isi  dongeng dengan bahasa sendiri.
F Mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar lingkaran.
F Mengenalkan bangun datar lingkran dan bukan lingkaran.
F Menunjukkan bangun datar lingkaran dan bukan lingkaran.
F Membuat/menjiplak dari gambar lingkaran pada buku.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  (B. Sunda, B Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Bu, permios bade ka jamban, dll)
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
F Menceritakan dengan  kalimat sendiri.
F Mengamati gambar –gambar yang temasuk bangun datar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas.
F Mendengarkan kembali isi dongeng untuk mengingatkan kembali.
F Melakukan tanya jawab tentang isi dongeng tersebut.
F Mengelompokkan bangun datar tersebut berdasarkan bentuknya. ( Segitiga, segiempat, dan lingkaran )
F Mewarnai tiap kelompok bangun datar dengan warna yang berbeda.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( B.Sunda, Matematika, B.Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa meniru mengucapkan kalimat permohonan ijin. ( Pa, permios wangsul ti payun abdi rieut, dll)
F Mengamati gambar  yang diperlihatkan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin secara klasikal, kelompok dan individual.
F Mengucapkan kalimat permohonan ijin dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Memeragakan pengucapan  kalimat permohonan ijin di depan kelas
F Membuat gambar  bangun datar  yang termasuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
F Mencari contoh-contoh benda yang permukaannya termasuk bangun datar segitiga, segiempat, dan lingkaran yang ada di lingkungan siswa
F Menyebutkan ciri-ciri yang khusus pada bangun datar segitiga, segi empat dan lingkaran.
F Membuat kalimat sederhana  yang tepat untuk setiap gambar.
F Mengucapkan kalimat dengan intonasi dan lafal yang baik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa  Indonesia,
      IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan       teks percakapan sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan tari sesuai dengan gerak yang telah ditentukan.
F Melakukan gerakan tari yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya.
F Menari sesuai dengan tepuk dan irama.
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
F Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
F Menyebutkan bagian –bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
F Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.
F Menggambar peralatan kebersihan, dengan cara menghubungkan titik-titik yang tertera pada lembar tugas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



CONTOH RPP SD BERKARAKTER 2013 LENGKAP

0 comments:

Post a Comment