Thursday, January 17, 2013

Contoh Porposal Bantuan Biaya Beasiswa Pendidikan S1


PROPOSAL
BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN (BEASISWA) PADA PROGRAM STUDY BAHASA INGGRIS STRATA SATU (SI) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM




 




   NAMA  : SAHRIL
   NIM      : 10812,0481



FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN s
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
TAHUN AKADEMIK 2010/2011


Nomor        : lepas                                                                                Kepada
Lampiran   : 1(Satu) Gabung                                                    Yth. Bapak Gubernur NTB                          
Perihal        : Mohon Bantuan Biaya                                                          di- 
                     Pendidikan SI Bahasa Inggris UMM                                  Mataram
Ass......war……wab
Dengan Hormat
            Teriring salam dan do’a kita panjatkan kehadirat allah swt yang telah memberikan rahmat dan karuniyah-nya kepada kita semua sehingga Alhamdulillah dengan nikmatnya itu kita semua dapat menjalankan aktivitas sehari-hari amiin......
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                              :   SAHRIL
Tempat/Tanggal Lahir    :  SANGARI,5 MARET 1990
Semester                          :  6 (ENAM)
Program study                 : ( SI) PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Perguruan                        :  UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH  MATARAM
Alamat                             :  DESA MBAWA.  RT (005).  RW.(002)  KEC. DONGGO                
                                            KAB. BIMA.
Dengan ini saya mengajukan kepada bapak gubernur NTB, permohonan bantuan biaya pendidikan SI selama menjalani proses belajar perkuliahan sampai wisuda di universitas muhammdiyah mataram.
Demikianlah proposal permohonan bantuan biaya pendidikan (beasiswa)  yang di ajukan  dengan harapan mendapatkan perhatian bantuan dari instansi pemerintah, para donator/sponsor maupun di berbagai pihak yang peduli dengan dunia pendidikan demi kelangsungan kami dalam menyelesaikan  program study SI pada program study bahasa inggris UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM.

Billahi Taufik Walhidayah.
Wassalamu’ Alaikum War….Wb
Mataram, 25 maret 2011

                                                Mengetahui

Mahasiswa                                                                                    Pembantu Dekan III
Pemohon                                                                                   (Bagian Kemahasiswaan)


         S A H R I L                                                                                     M. A F A N. SS
    





PROPOSAL
BIAYA PENDIDIKAN SI BAHASA INGGRIS UMM. MATARAM ATAS NAMA SAHRIL

1.     LATAR BELAKANG
Pendidikan merupakan  tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah karena pendidikan sangat menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan jati diri bangsa.Untuk itu dalam upaya memperbaiki kondisi bangsa, mempersiapkan dan meningkatkan intelektualitas, profesionalisme dan wawasan SDM diperlukan motivasi yang tinggi dengan memberikan kesempatan terhadap kader-kader terbaik bangsa mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya, layakdanbermutu.
Dewasa ini sistem pendidikan nasional menghadapi berbagai tantangan yang cukup besar dan mendasar,terutama dalam konteks pembangunan masyarakat,Negara dan bangsa.Pada era globalisasi ini,tantangan itu dirasakan sehubungan dengan keadaan dan permasalahan diberbagai bidang kehidupan yang secara langsung memiliki kaitan dengan system pendidikan nasional.Tantangan ini bersumber dari dua factor yang saling berpengaruh,baik dari factor luar(ekstern) maupun factor dalam(intern).
  Tantangan besar dalam pendidikan nasional paling tidak meliputi tiga hal,yaitu:
1.      Sebagai akibat krisis ekonomi,dunia pendidikan dituntut untuk dapat mempertahankan hasil-hasil pembangunan pendidikan yang telah dicapai.
2.      Untuk mengantisipasi era globalisasi ,dunia pendidikan dituntut untuk mempersiapkan SDM yang kompeten agar mampu bersaing dalam pasar kerja global.
3.      Sejalan dengan diberlakukannya otonomi daerah,system pendidikan nasional dituntut untuk melakukan perubahan dan penyesuaian sehingga dapat mewujudkan proses pendidikan yang demokratis,memperhatikan keberagaman,serta mendorong partisipasi masyarakat.
Berdasarkan permasalahan dan tantangannya tersebut,Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) mulai merintis berbagai upaya pembaharuan pendidikan nasional,diantaranya dengan lahirnya UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.UU tersebut akan memberikan dasar hokum untuk membangun pendidikan nasional dengan menerapkan berbagai prinsip demokrasi,desentralisasi,otonomi keadilan,dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.Penerapan semua ketentuan dalam UU ini diharapkan akan dapat mendukung segala upaya untuk memecahkan masalah pendidikan,yang pada gilirannya akan dapat memberikan sumbangan yang signifikan terhadap masalah-masalah makro bangsa Indonesia.
Tingkat human development index (HDI) yang di miliki oleh Indonesia yang berada pada urutan ke-12 pada Tahun 2002 yang di keluarkan oleh UNDP merupakan indikator yang buruk menyangkut kondisi tingkat kesejahteraan, kesalahan, pengangguran dan yang paling menentukan adalah sektor pendidikan itu sendiri.
Untuk itu pemerintah menganjurkan kepada masyarakat yang merasa tidak mampu untuk segera menyesekolahkan anaknya sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Mengingat mahasiswa merupakan asset nasional dan sumber daya insani yang strategis, maka perlu di berikan peluang seluaas-luasnya untuk  mengaktualisasikan dirinya secara utuh yaitu salah satuya sebagai unsur terpelajar dari generasi muda, mahasiswa di harapkan senantiasa peka terhadap masalah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan diberi peluang untuk turut serta dalam perkembangan nasional (GBHN 1999).
Kemajuan Era Globalisasi yang semakin pesat, membuat manusia selalu bersaing guna untuk mengembangkan diri dalam mengejar cita-citanya, untuk itu antara yang satu dengan yang lainnya saling ketergantungan.
Sejarah pendidikan berbagai bangsa mengajarkan kepada kita,bahwa pendidikan selalu mengalami perubahan dan pembaharuan.Sementara orang seringkali menyebutkan baik secara sadar atau secara tidak sadar,bahwa pendidikan dewasa ini merupakan perkembangan pendidikan yang terjadi sebelumnya.Perkembangan yang telah dicapai merupakan perwujudan potensi-potensi yang dimiliki dan berupa peningkatan kualitas maupun kuantitas pendidikan menurut ukuran tertentu.Untuk perkembangan ini berupa norma,tujuan yang dicita-citakan,kegunaannya secara praktis dalam hidup bermasyarakat, nilainya dalam memperkembangkan harkat manusia seutuhnya dan mutu kehidupannya,atau norma lain lagi yang diterima oleh masyarakat dan bangsanya.
Perubahan pendidikan terjadi karena adanya pengaruh-pengaruh yang saling memperkuat,yang akhirnya melahirkan sesuatu yang baru. Erat kaitannya dengan perubahan dan perkembangan pendidikan adalah pembaharuan pendidikan .Pembaharuan pendidikan merupakan perubahan pendidikan yang berdasar atas usaha-usaha sadar,terencana,berpola dalam pendidikan yang bertujuan untuk mengarahkan.Sesuai dengan kebutuhan yang dihadapi dan tuntutan jamannya.Selain sebagai tanggapan terhadap masalah pendidikan dan tuntutan jamannya,perubahan pendidikan juga merupakan usaha aktif untuk mempersiapkan diri(hari esok) yang lebih memberi harapan sesuai dengan cita-cita yang didambakan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan dan pembaharuan pendidikan
Pandangan terhadap pendidikan. Pada hakekatnya usia pendidikan sejajar dengan usia manusia sendiri.Manusia sebagai makhluk yang dapat dididik dan harus dididik akan tumbuh menjadi manusia dewasa dengan proses pendidikan yang di alaminya.Usaha dan tujuan pendidikan dilandasi oleh pandangan hidup orang tua,lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan,masyarakat dan bangsanya.Seperti telah kita ketahui ,bahwa kehidupan ini selalu mengalami perubahan,tujuan pembangunan bangsa mengalami pergeseran dan peningkatan serta perubahan sesuai dengan waktu,keadaan dan kondisinya.Dengan demikian pandangan dan harapan orang terhadap pendidikan pada waktu kini dapat berlainan dengan pandangan orang terhadap pendidikan masa lampau atau waktu yang akan datang.
Pertambahan penduduk. Pertambahan penduduk yang cepat menimbulkan akibat yang luas terhadap segala segi kehidupan termasuk dalam segi kependidikan.Banyak masalah-masalah pendidikan yang berkaitan  erat dengan meledaknya jumlah anak usia sekolah.Masalah-masalah pendidikan yang kita hadapi dapat dibedakan sebagai masalah kekurangan kesempatan belajar,masalah rendahnya mutu pendidikan,masalah metidak sesuaian antara pendidikan dengan kebutuhan masyarakat dan masalah efisiensi serta efektifitas pelaksanaan pendidikan.
Perkembangan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknik selalu berkembang.Perkembangan ilmu secara akumulatif dan makin cepat jalannya.Tanggapan yang biasa dilakukan dalam kependidikan terhadap perkembangan ilmu ialah dengan memasukan penemuan dan teori baru ke dalam kurikulum sekolah.Kenyataan timbulnya perkembangan ilmu yang cepat ini tidak harus diikuti dengan penambahan kurikulum sekolah di luar kemampuan.Anak didik pun tidak mungkin mampu mengikuti dan menguasai segenap penemuan baru dalam dunia ilmu.Pertimbangan-pertimbangan ini mengingatkan kembali akan fungsi sekolah yang semestinya dilakukan.Implikasi dari fungsi sekolah seperti tersebut dahulu;maka sekolah tidak harus memasukkau penemuan dan teori-teori baru dalam kehidupan yang kompleks ini ke dalam kurikulumnya,melainkan harus mengajar siswa-siswa bagaimana belajar dan memecahkan masalah dalam kehidupan mereka.
Tuntutan adanya proses pendidikan yang relevan, Masalah pendidikan yang dihadapi sangat kompleks.Adanya proses pendidikan yang relevan dengan kebutuhan dan masalah yang dihadapi sangat diperlukan mengingat akan keterbatasan dana pendidikan .Hal itu penting karena system sekolah dengan segala kekurangannya ternyata memerlukan biaya amat besar.
 pendidikan membutuhkan bantuan dari semua sector kehidupan,namun akhirnya bantuan itu akan kembali.Pendidikan mengundang warga negara terbaik tidak hanya untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan pendidikan yang sedang berlangsung,melainkan juga dalam usaha meningkatkan mutu ,efisiensi dan produktifitasnya.
Tujuan Pembaharuan Pendidikan, Kehidupan manusia selalu mengalami perubahan dan kebutuhannya meningkat sesuai dengan perkembangannya.Tingkat kemajuan suatu bangsa juga dapat ditinjau dari tingkat pendidikan rakyatnya.Tidak mengherankan,bahwa Negara-negara maju juga memperhatikan usaha pendidikan yang sesuai dengan kemajuan yang dicapai.Setiap masalah pendidikan berkaitan erat dengan segi kehidupan yang lain.Masalahnya bersifat kompleks,sesuai dengan kehidupan masyarakatnya.Seberapa besar keterikatan suatu masalah pendidikan dengan masalah ekonomi atau masalah social lain dalam masyarakatnya,secara sederhana masalah pendidikan dapat dikelompokkan kedalam empat jenis,yaitu:
1.      Masalah pemerataan,
2.      Masalah mutu,
3.      Masalah efektifitas dan relevansi,dan,
4.      Masalah efisiensi.
Pembaharuan pendidikan sebagai perspektif baru dalam dunia kependidikan mulai dirintis sebagai alternatife untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan yang belum dapat diatasi dengan cara yang konvensional scara tuntas.Jadi pembaharuan pendidikan dilakukan untuk memecahkan masalah PENDIDIKAN dan menyongsong arah perkembangan dunia kependidikan yang lebih memberikan harapan kemajuan lebih pesat.
Pelaksanaan Wajib Belajar Di Daerah, Undang-Undang Dasar kita mengatakan bahwa tiap waganegara berhak untuk mendapatkan pendidikan. Ujung tombak pelaksanaan UUD tersebut ialah di daerah.Seperti juga bunyi UU Otonomi Daerah No.32,pendidikan dasar dan menengah telah diserahkan kedaerah.Pelaksanaan pendidikan dasar yang bebas untuk semua orang merupakan perwujudan dari deklarasi hak-hak asasi manusia PBB pada tahun 1948.Hak asasi untuk memperoleh pendidikan ini kemudian diperkuat dengan Keputusan Konperensi UNESCO di Yom Tien(Thailand) pada tahun 1990 dan Konperensi Dakkar.Selanjutnya di dalam perumusan PBB mengenai tujuan pembangunan millennium(MDGs) dirumuskan delapan tujuan pembangunan millennium yaitu:
1)      Memberantas kemiskinan dan kelaparan,
2)      Mewujudkan pendidikan dasar untuk semua,
3)      Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,
4)      Menurunkan angka kematian anak,
5)      Meningkatkan kesehatan ibu,
6)      Mengurangi penyebaran HIV/AIDS,malaria dan penyakit menularlainnya,
7)      Kelestarian lingkungan hidup,
8)      Membangun kemitraan global dan pembangunan.
Untuk melaksanakan pendidikan dasar untuk semua tentunya diperlukan ketentuan-ketentuan tertentu sebagaimana di dalam Deklarasi PBB tentang Hak Atas Pembangunan yang diadopsi oleh Sidang Umum bulan Desember tahun 1986.Kewajiban Negara,dalam hal ini kewajiban pemerintah daerah untuk melaksanakan wajib belajar diperlukan hal-hal sebagai berikut:
1)      Tersedianya sarana seperti gedung sekolah dan tempat pelaksanaan wajib belajar lainnya(appealability).
2)      Keterjangkauan(accessability-sarana pelaksanaan wajib belajar)
3)      Penerimaan (acceptability) yaitu diterima-tidaknya bentuk kelembagaan pendidikan oleh rakyat.
4)      Kesesuaian(adaptability) yaitu kesesuaian lembaga-lembaga pendidikan dengan
5)      kebutuhan lingkungannya.
Tuntutan-tuntutan pelaksanaan wajib belajar untuk semua di daerah merupakan wewenang pemerintah daerah.Untuk melaksanakan hal tersebut tentunya pemerintah daerah, perlu menyediakan dana yang cukup sebagaimana yang diminta oleh UUD 1945.Tentunya tugas pemerintah pusat adalah membantu hal-hal yang merupakan tanggung jawab pemerintah pusat seperti isi kurikulum yang menjamin kesatuan bangsa.Demikian pula dalam rangka penilaian tenaga guru yang professional meminta bimbingan dan intervensi pemerintah pusat.Pusat-pusat pendidikan tenaga guru professional tentunya dapat dilaksanakan oleh daerah baik oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota.
Mahasiswa adalah orang-orang yang belajar di perguruan tinggi guna mengembangkan kreativitas cakrawala berpikir guna untuk kemajuan NTB ke depannya, dengan UUD No. 2 Tahun 1994 sesuai dengan penjelasan umum di atas terwujudnya pendidikan nasional pranata social yang kuat dan beribawa untuk memperdayakan semua warga Indonesia agar berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu pro aktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah yang semakin hari semakin terpuruk oleh keadaan yang tidak layak di jadikan sebuah kehidupan.


         TUJUAN DAN SASARAN
1.       Tujuan
Proposal ini adalah untuk mengajukan permohonan bantuan biaya  pendidikan (beasiswa) kepada instansi pemerintah, terutama kepada Bapak gubernur NTB, para donatur, sponsor atau lembaga-lembaga terkait yang peduli dan memiliki rasa tanggung jawab yang sangat tinggi terhadap masalah-masalah pendidikan dan peningkatan SDM terutama pendidikan di program study bahasa inggris.
2.      Sasaran
 Untuk membantu meringankan beban orang tua di dalam membayar uang SPP serta administrasi lainnya dan demi kelangsungan proses belajar (perkuliahan), di salah satu institute UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM (UMM). Oleh karena itu saya mengharapkan kepada pihak instansi pemerintah dapat memberikan bantuannya dengan penuh kemurahan hati untuk membantu meringankan beban orang tua kami dan kami mengucapkan terimah kasih yang sebesar-besarnya.
        LANDASAN 
Adapun tujuan dan landasan saya dari proposal ini adalah sesuai dengan :
a.       Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistim pendidikan.
b.      Surat keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia No. 155/U/1998 tentang petunjuk penyelenggaraan kemahasiswaan.
c.       pembaharuan pendidikan nasional,diantaranya dengan lahirnya UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.UU
d.      Pelaksanaan wajib belajar di daerah sudah diatur UUD kita yang mengatakan bahwa tiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan dan ujung tombak pelaksanaan UUD tersebut ialah di daerah seperti juga bunyi UU Otonomi Daerah No.32 tahun 2003,pendidikan dasar dan menengah telah diserahkan di daerah.Pelaksanaan pendidikan dasar yang untuk semua orang merupakan perwujudan dari deklarasi hak-hak asasi manusia PBB pada tahun 1945

     PENUTUP
Demikianlah proposal bantuan biaya pendidikan (beasiswa) ini di ajukan dengan harapan mendapat perhatian dan bantuan dari instansi pemerintah terutama kepada Bapak Gubernur NTB, para donatur/sponsor/masyarakat maupun berbagai pihak yang peduli dengan dunia pendidikan demi keberlanjutan kami menyelesaikan study SI pada Program strata satu program bahasa inggris UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM (UMM).
 Atas segala perhatian, bantuan dan kemurahan hati Bapak/Ibu kami mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setulus-tulusnya.                                              
                                                                                    Mataram, 25 Maret 2011

                                                Mengetahui

Mahasiswa                                                                                    Pembantu Dekan III
Pemohon                                                                                   (Bagian Kemahasiswaan)


             S A H R I L                                                                                     M. A F A N. SS





RINCIAN BIAYA PERKULIAHAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

No
RINCIAN
BIAYA (Rp)
JUMLAH (Rp)
KET.
1
SPP
500.000
500.000
BELUM LUNAS
2
BIAYA PEMBANGUNAN
1.000.000.
1.000.000.
BELUM LUNAS
3
BIAYA KULIAH PERSEMESTER (8) SEMESTER
780.000
6. 240.000.
BELUM LUNAS
4
BIAYA BUKU TUGAS DAN BELI BUKU
1000.000
1000.000
BELUM LUNAS
5
BIAYA PENELITIAN DAN PENULISAN SKRIPSI
1.500.000.
1.500.000.
BELUM BAYAR
6
BIYA UJIAN, SKRIPSI, PENJILITAN DAN WISUDA
3.000.000
3.000.000.
BELUM BAYAR
7
BEBAN TETAP (8) SEMESTER
150.000.
1.200.000
BELUM LUNAS
8
SEWA RUMAH
2000.000X 4(Tahun)
8000.000
BELUM BAYAR

TOTAL BIAYA

22.420.000

Adapun Biaya Total Keseluruhan dari Permohonan saya adalah sebesar : Rp. 22.420.000,-. (dua puluh dua juta empat ratus dua puluh ribu rupiah).

Adapun Biaya Total Keseluruhan dari Permohonan saya adalah sebesar : Rp. 19.150.000,-. (dua puluh dua juta empat ratus dua puluh ribu rupiah).
                                                                                                          Mataram, 25 Maret 2011
                                                   Mengetahui

Mahasiswa                                                                                   Pembantu Dekan III
Pemohon                                                                                   (Bagian Kemahasiswaan)

              

            S A H R I L                                                                                  M. A F A N. SS




LAMPIRAN-LAMPIRAN DARI PROPOSAL
ATAS NAMA SAHRIL

Adapun lampiran dari proposal yang saya ajukan kepada bapak gubernur  adalah sebagai berikut :
1.      Surat Keterangan Kuliah
2.      Keterangan tidak mampu
3.      Foto Copy Kartu Mahasiswa
4.      Foto Copy KTP
5.      Kartu Hasil Study
6.      Kartu Rencana Study (KRS)
7.      Estimasi Biaya
8.      Bukti Pembayaran Kuliah, selama 3 Semester.




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM (UMM)
Jln. K.H. Ahmad Dahlan, No. I Telp. 633723.Kotak Pos 108 Mataram.

KARTU RENCANA STUDY

NO
NAMA MATA KULIAH
JUMLAH SKS
1
DRAMA
2
2
EXTENSIVE READING 1
2
3
ENGLISH MICRO TEACHING
2
4
ENGLISH PHONOLOGY
2
5
SMP/SMA TEXT BOOK ANALYSIS
4
6
RESEARCH ON ELT 1
2
7
ENGLISH BUSINESS
2
8
PPL
4
9
ENGLISH SYNTAX
2
10
TRANSLATION 11
2

JUMLAH
24 SKS








PROPOSAL BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN (BEASISWA) PADA PROGRAM STUDY BAHASA INGGRIS STRATA SATU (SI) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

0 comments:

Post a Comment